Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

5 Hal Penting dalam Menyiapkan Menu Sarapan Sehat untuk Si Kecil

Alasan Si Kecil Harus Aktif & Cara Agar Membiasakannya Aktif Bermain

Ada banyak manfaat sarapan bagi si Kecil. Selain untuk membantu memenuhi asupan gizi harian anak, manfaat sarapan pagi lainnya adalah untuk mendukung aktivitas fisik dan aktivitas belajar si Kecil. Robert Murray, MD, seorang professor ahli nutrisi anak di The Ohio State University menyebutkan bahwa kerja fungsi otak anak bergantung pada apakah si Kecil makan sarapan atau tidak. Melihat betapa pentingnya sarapan, maka menu sarapan pagi yang sehat perlu mengandung gizi seimbang. Nah, berhubung menu sarapan pagi sehat umumnya berbeda dengan menu makan siang dan makan malam, yuk cari tahu zat gizi tersebut bisa didapatkan dari bahan apa saja yang sesuai untuk dijadikan menu sarapan.
 
Zat gizi apa yang perlu ada dalam menu sarapan pagi sehat?
Idealnya menu sarapan pagi sehat mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, serat, dan lemak baik yang akan memberi si Kecil energi sampai tiba waktu makan siang nanti.
 
Bahan pangan apa yang sesuai untuk dijadikan menu sarapan pagi sehat?
·      Protein
Selain membuat si Kecil kenyang lebih lama, protein juga membantu fungsi otak anak dan menjaga level gula darah. Dalam menu sarapan pagi sehat, Ibu dapat menggunakan bahan-bahan berikut sebagai sumber protein.
-       Telur
-       Susu
-       Susu nabati
-       Selai kacang
 
·      Gandum utuh
Gandum utuh adalah sumber serat yang baik dan juga mengandung karbohidrat. Serat dibutuhkan untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan dn membantu mengisi lambung lebih lama. Dalam menu sarapan pagi sehat, Ibu bisa mencoba menggunakan makanan yang mengandung gandum utuh berikut ini.
-       Cereal sarapan
-       Oats
-       Roti gandum
-       Pancake gandum
 
·      Sayur atau buah
Selain sebagai sumber serat, sayur dan buah adalah sumber vitamin dan mineral yang akan memperkaya manfaat sarapan pagi si Kecil dan membantu memenuhi kebutuhan gizi mikro harian anak. Dalam menu sarapan, sayur dan buah dapat Ibu olah menjadi smoothies, topping untuk oatmeal atau cereal, salad untuk menemani menu sarapan lain, atau bahkan diolah dalam adonan pancake.
 
·      Lemak baik
Lemak baik penting untuk dimasukkan dalam menu sarapan pagi sehat untuk membantu membuat perut terasa kenyang sampai waktu makan siang nanti dan juga untuk membantu kerja otak. Ibu dapat mencoba menggunakan bahan berikut ini dalam menu sarapan pagi sehat sebagai sumber lemak baik.
-       Alpukat
-       Telur
-       Susu
-       Selai kacang
Selain dari bahan pangan yang disampaikan diatas, ibu juga bisa melihat kriteria sarapan lainnya di artikel ini, agar sarapan yang ibu sediakan bisa menghasilkan manfaat yang maksimal untuk mendukung aktivitas si Kecil dan keuarga.
 
Untuk memudahkan Ibu dalam proses menyiapkan sarapan, sebaiknya Ibu selalu memastikan di rumah tersedia bahan-bahan yang Ibu perlukan untuk menyiapkan menu sarapan pagi sehat. Selain itu, sebisa mungkin siapkan apa yang Ibu bisa di malam sebelumnya, ya.

Artikel Terkait

4 Jenis Minuman Sehat Selain Air Putih untuk Temani Aktivitas Anak

Selengkapnya

Makan Buah Segar, Kering atau Beku. Mana yang Lebih Baik?

Selengkapnya

Tips Mengolah Resep Sayuran agar Lezat dan Bergizi

Selengkapnya