Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

6 Cara Membuat Si Kecil Mendapat Manfaat Minum Air Putih

6 Cara Membuat Si Kecil Mendapat Manfaat Minum Air Putih


Tubuh si Kecil membutuhkan asupan air putih yang cukup untuk dapat beraktivitas dengan baik dan menjaga kesehatannya. Apalagi jika si Kecil sudah memasuki usia sekolah, saat kegiatan belajar dan kegiatan fisiknya sudah semakin banyak. Agar si Kecil mendapat manfaat minum air putih secara optimal, umumnya anak usia sekolah memerlukan 1,5 liter air putih dalam sehari. Jumlah ini bisa berbeda untuk setiap anak, tergantung usia, tingkat aktivitas anak, berat badan dan juga panas atau tidaknya cuaca pada hari itu.

Namun, Ibu sering berhadapan dengan si Kecil yang sulit menghabiskan satu gelas air karena ia merasa tidak haus. Jika Ibu termasuk yang mengalami hal ini, yuk simak tips untuk membuat si Kecil banyak minum air putih berikut ini.

1. Jadikan kebiasaan
Menyuruh si Kecil minum saat ia tidak haus memang sulit, padahal sebenarnya tubuh sudah membutuhkan asupan air sebelum rasa haus muncul. Karenanya, salah satu cara yang paling efektif adalah dengan membangun kebiasaan minum air secara berkala sepanjang hari sejak dini, kira-kira 6 sampai 8 kali setiap harinya.

2. Biarkan si Kecil memilih perangkat minum sendiri
Cara ini bisa diterapkan untuk membantu memulai kebiasaan minum sejak usia dini, sehingga saat mencapai usia sekolah nanti ia sudah terbiasa. Biarkan si Kecil memilih sendiri perangkat minumnya, baik itu gelas, mug atau botol minum.

3. Batasi pilihan minuman di rumah
Jika lemari es di rumah dipenuhi dengan aneka minuman soda, minuman dalam kemasan warna-warni, walaupun bukan milik si Kecil, tentu ia dapat tergoda untuk mencobanya. Saat ia sudah menggemari minuman-minuman tadi, akan lebih sulit bagi Ibu untuk mendorongnya minum air putih. Sebaiknya Ibu jangan menyediakan minuman manis dalam kemasan di rumah dan beri contoh untuk si Kecil dengan rutin minum air putih.

4. Diskusikan manfaat air putih
Saat si Kecil memasuki usia sekolah, Ibu sudah bisa mendiskusikan manfaat minum air putih dengannya. Ajak si Kecil mencari berbagai informasi mengenai hal ini dan membuat mind map. Jika si Kecil paham mengenai manfaatnya, tentu Ibu dapat dengan mudah mendorongnya banyak minum air putih setiap hari.

5. Sediakan air putih yang mudah dijangkau si Kecil
Terkadang si Kecil tidak minum air putih karena ia malas mengambil air putih. Karenanya, tempatkan air putih di tempat yang mudah dijangkau si Kecil. Misalnya dengan menyediakan botol dan gelas air putih di kamar si Kecil dan di meja ruang keluarga. Selain itu, bawakan botol minum berisi air putih saat si Kecil beraktivitas di luar rumah.

6. Jadikan aktivitas minum menyenangkan
Jangan memarahi si Kecil saat ia tidak mau minum air putih. Sebaliknya, Ibu bisa melakukan hal lain agar minum menjadi menyenangkan bagi si Kecil. Misalnya, menambahkan potongan buah atau daun mint agar rasa air putih menjadi lebih segar untuk si Kecil.

Membiasakan si Kecil melakukan sesuatu yang baik bagi kesehatannya seperti rajin minum air putih memang tidak mudah. Tetapi Ibu dan si Kecil akan merasakan manfaatnya untuk jangka panjang. Yuk, terapkan kebiasaan ini sedini mungkin.

Artikel Terkait

4 Fakta Seputar Manfaat Sarapan Pagi

Selengkapnya
Seputar Sarapan Dan Kriteria Sarapan Sehat

Seputar Sarapan Dan Kriteria Sarapan Sehat

Selengkapnya

Tidak Hanya untuk Fisik, Inilah 3 Manfaat Lain Sarapan Pagi yang Ibu Perlu Ketahui

Selengkapnya