Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

6 Kebiasaan Baik yang Sebaiknya Ibu Terapkan agar si Kecil Tumbuh Sehat

6 Kebiasaan Baik yang Sebaiknya Ibu Terapkanagar si Kecil Tumbuh Sehat

Bu, melalui program Nestlé for Healthier Kids, Nestlé Indonesia memperkenalkan 6 kebiasaan baik yang perlu diterapkan untuk membantu orang tua, pengasuh dan pengajar membesarkan anak-anak yang sehat dan bahagia. Yuk, baca penjelasan mengenai setiap kebiasaan baik tersebut di bawah ini agar Ibu dapat menerapkannya dalam keseharian keluarga tersayang. Selain itu, Ibu juga dapat memanfaatkan berbagai informasi yang ada di situs Sahabat Nestlé untuk memudahkan Ibu menerapkan 6 kebiasaan baik ini, lho.

  1. Beri asupan gizi sesuai usia
    Kebutuhan gizi anak berbeda dengan orang dewasa. Selain itu, setiap tahap tumbuh kembang akan membutuhkan gizi yang berbeda pula, sehingga sangat penting bagi si Kecil untuk mendapatkan gizi yang tepat, khususnya di 1000 hari pertama kehidupannya. Di website Sahabat Nestlé, Ibu dapat menemukan berbagai resep bergizi seimbang yang sesuai dengan usia si Kecil saat ini.

  2. Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis
    Untuk dapat membentuk kebiasaan makan yang baik, si Kecil perlu mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang. Selain itu, Ibu juga dapat melibatkan si Kecil dalam proses memilih, membeli dan menyiapkan menu makanan bergizi seimbang yang sesuai dengan usianya. Ibu juga perlu menjadi teladan bagi si Kecil dengan selalu menyantap berbagai jenis makanan yang bergizi seimbang. Resep-resep di Sahabat Nestlé dibagi menjadi berbagai kategori lho, Bu. Salah satunya resep Kaki Naga Labu Siam.

  3. Mengatur porsi makan
    Malnutrisi dapat diakibatkan oleh kekurangan gizi maupun kelebihan gizi. Maka, porsi makan si Kecil perlu diatur agar dapat membantu memenuhi kebutuhan gizinya dan si Kecil dapat menerapkan kebiasaan makan yang sehat. Untuk menerapkan porsi makan yang tepat, Ibu dapat mengacu kepada Nestlé Healthy Plate yang diadaptasi dari ‘Isi Piringku’dalam Pedoman Gizi Seimbang dari Kemenkes RI.

  4. Konsumsi air putih yang cukup
    Tahukah Ibu bahwa tubuh kita sebagian besar disusun oleh cairan. Oleh karenanya penting untuk selalu menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik. Menurut European Food Safety Authority (EFSA), 70% - 80% dari cairan yang butuhkan tubuh diperoleh dari minuman (air putih dan minuman manis) dan 20% - 30% diperoleh dari makanan (buah-buahan, sayur dan sup). Konsumsi air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti memenuhi kebutuhan cairan serta mengatur temperatur tubuh.

  5. Aktif bergerak
    Selain pemenuhan gizi, aktif bergerak juga merupakan bagian dari pola hidup yang sehat. Selain bermanfaat agar tubuh si Kecil tetap sehat, aktif bergerak dapat membantu mengembangkan berbagai aspek dalam perkembangan si Kecil. Kebiasaan aktif bergerak yang dimiliki anak sejak dini cenderung dijalani hingga dewasa. Agar anak tertarik untuk lebih banyak bergerak, keluarga dapat menciptakan kegiatan bersama misalnya dengan berolahraga dan dengan bermain aktif. Nah, di website Sahabat Nestlé Ibu dapat menemukan berbagai artikel seputar tips agar anak aktif dan ide aktivitas bermain aktif untuk si Kecil.

  6. Makan bersama keluarga
    Dengan siapa si Kecil makan juga berperan dalam membentuk pola hidup yang sehat sejak usia dini lho, Bu. Melalui kebiasaan makan bersama keluarga, Ayah dan Ibu dapat memastikan si Kecil makan menu dengan berbagai jenis makanan bergizi seimbang dan dengan porsi yang tepat. Selain itu, si Kecil juga dapat belajar makan sehat dengan cara mengamati dan meniru anggota keluarga lainnya.

Yuk Bu, terapkan 6 kebiasaan baik ini mulai dari keluarga Ibu untuk wujudkan anak-anak Indonesia yang lebih sehat dan bahagia, saat ini dan di masa yang akan datang.

Artikel Terkait

Nestléfor Healthier Kids, Mendukung Masa Depan Si Kecil Lebih Sehat

Nestléfor Healthier Kids, Mendukung Masa Depan Si Kecil...

Selengkapnya
Wujudkan Generasi yang Sehat dan Bahagia

Wujudkan Generasi yang Sehat dan Bahagia

Selengkapnya
Tips Hidup Sehat Agar Si Kecil Tumbuh Lebih Sehat

Tips Hidup Sehat Agar Si Kecil Tumbuh Lebih Sehat

Selengkapnya