Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

6 Kebiasaan Positif membentuk Keluarga Bahagia

6 Kebiasaan Positif membentuk Keluarga Bahagia

Ibu tentu menginginkan keluarga Ibu menjadi keluarga bahagia. Lalu, apa saja sih yang bisa menjadikan keluarga bahagia? Kadang-kadang, hal-hal sederhana justru yang bisa menjadikan lebih bahagia lho, Bu. Yuk, simak hal-hal sederhana dalam keluarga berikut ini yang memiliki pengaruh positif terhadap perkembangan si Kecil sehingga dapat membuat keluarga bahagia.

  • Kebersamaan
    Memang setiap anggota keluarga memiliki kesibukan masing-masing. Tetapi, karena itu pula kebersamaan perlu selalu dijaga untuk jadikan keluarga bahagia. Kebersamaan bisa dibangun melalui hal-hal sederhana kok, Bu. Misalnya dengan rutin makan bersama, membaca buku atau bermain bersama, berolahraga, jalan-jalan, dan lain sebagainya. Walaupun mungkin waktunya tidak banyak, pastikan momen kebersamaan ini berkualitas ya, Bu.

  • Bertukar cerita
    Rose J. Perkins, EdD, seorang associate professor dalam bidang psikologi di Stonehil College, Easton, menyebutkan bahwa keluarga bahagia dapat terbentuk melalui komunikasi yang baik dan terbuka antara anggota keluarga. Selain itu, komunikasi juga akan membantu perkembangan sosial emosional si Kecil. Kebiasaan kecil seperti bertukar cerita mengenai kegiatan sehari-hari bisa menjadi cara untuk membangun komunikasi juga lho, Bu.

  • Makan bersama
    Makan bersama keluarga adalah momen penting untuk bonding dan menjadikan keluarga bahagia. Saat makan bersama, kebersamaan bisa terbentuk sekaligus menjadi waktu yang tepat untuk bertukar cerita. Pada momen ini orang tua bisa mengajarkan pola makan yang baik sehingga di kecil yang cenderung meniru orang yang lebih dewasa akan ikut membentuk pola makan yang sehat baginya. Jika anggota keluarga sehat, tentu keluarga akan menjadi lebih bahagia, bukan?

  • Bersantai
    Ya, tidak perlu terlalu keras merencanakan aktivitas keluarga untuk membuat seluruh anggota keluarga gembira. Kadang-kadang bersantai bersama si Kecil di tempat tidur Ibu dan Ayah di akhir pekan sudah cukup untuk dapat membuat mereka gembira. Setelah seminggu penuh beraktivitas mengikuti jadwal sehari-hari, tentu menyenangkan untuk bersantai bersama tanpa agenda dan jadwal.

  • Beri pujian
    Orang tua seringkali ingat memberi teguran dan hukuman tetapi lupa memberi pujian. Selalu hargai dan puji si Kecil jika ia berbuat baik atau melakukan sesuatu yang luar biasa ya, Bu. Tidak perlu selalu dengan memberikan hadiah. Pujian secara verbal dan bahkan ucapan terima kasih akan dapat membuat si Kecil lebih percaya diri, merasa dihargai dan tentunya lebih bahagia.

  • Minta maaf dan memaafkan
    Berani meminta maaf dan mau memaafkan adalah kebiasaan baik yang perlu dibiasakan agar keluarga bahagia. Tentunya meminta maaf bukan hanya sekadar ucapan, ya. Permintaan maaf perlu diikuti dengan perubahan sikap menjadi lebih baik.

Setiap keluarga tentu memiliki kebiasaan masing-masing. Pastikan keluarga Ibu memiliki kebiasaan yang positif untuk membangun kebersamaan keluarga dan menjadi keluarga bahagia. Dimulai dari kebiasaan kecil yang sederhana.

Artikel Terkait

7 Manfaat Makan Bersama Keluarga

7 Manfaat Makan Bersama Keluarga

Selengkapnya
Wujudkan Generasi yang Sehat dan Bahagia

Wujudkan Generasi yang Sehat dan Bahagia

Selengkapnya
Tips Hidup Sehat Agar Si Kecil Tumbuh Lebih Sehat

Tips Hidup Sehat Agar Si Kecil Tumbuh Lebih Sehat

Selengkapnya