Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

Aktivitas dan Permainan Anak Saat Ibu Bekerja di Rumah

Aktivitas dan Permainan Anak Saat Ibu Bekerja di Rumah

Saat ini semakin banyak Ibu yang bekerja dari rumah. Kelebihannya, Ibu dapat melakukan pekerjaan sambil tetap ada di dekat si Kecil. Nah, kesulitan yang umumnya dihadapi Ibu yang bekerja dari rumah adalah bagaimana agar si Kecil tetap terhibur dan beraktivitas sendiri agar Ibu punya waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Tentunya, hal seperti ini juga dihadapi oleh Ibu pada umumnya saat hendak menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Berikut ini adalah beberapa ide aktivitas, termasuk permainan anak, yang dapat si Kecil lakukan sendiri atau bersama saudaranya sehingga Ibu dapat menyelesaikan pekerjaan di rumah.

  1. Kreasi seni
    Aktivitas kreasi dan kesenian adalah salah satu kegiatan yang bisa si Kecil lakukan sendiri. Saat berkreasi, si Kecil biasanya betah berlama-lama membuat gambar, komik, atau membuat kreasi seni dari berbagai bahan. Ibu hanya perlu menyediakan berbagai perangkat kesenian seperti kertas, kertas lipat, pencil warna, krayon, cat, lem dan bahkan berbagai kemasan bekas yang dapat digunakan si Kecil berkreasi. Pastikan si Kecil masih dalam pengawasan Ibu, ya. Terutama saat ia hendak menggunakan gunting.

  2. Membaca buku
    Si Kecil juga bisa menghabiskan waktu yang lama untuk membaca. Apalagi jika buku yang tersedia adalah buku dengan cerita atau topik yang ia suka. Menyediakan buku dengan tingkat kesulitan yang sesuai kemampuan membaca si Kecil dan dengan topik yang disukainya dapat membantunya semakin semangat dan gemar membaca. Saat si Kecil asyik membaca, Ibu pun bisa bekerja dengan tenang.

  3. Permainan anak edukasi
    Ada banyak permainan anak yang bisa sekaligus menjadi media edukasi bagi si Kecil. Misalnya puzzle, balok, kartu, dan. Lagi-lagi Ibu perlu memilih yang sesuai dengan usia dan tahap perkembangan si Kecil. Permainan anak yang terlalu sulit akan membuat si Kecil mudah putus asa, sementara yang terlalu mudah akan membuatnya bosan. Selain itu, jika permainan anak sesuai dengan si Kecil, ia akan lebih mudah menguasai cara bermainnya dan tidak terlalu banyak bertanya lagi kepada Ibu.

  4. Permainan anak imajinasi
    Si Kecil senang menggunakan imajinasinya. Khayalannya akan membawanya ke negeri antah berantah dan berbagai petualangan seru. Khusus bagi anak yang usianya lebih kecil, mereka bisa bermain imajinasi dengan apa saja yang ada di rumah. Termasuk mainan yang ia miliki atau benda menarik lain yang ia temui di rumah. Untuk anak yang sudah lebih besar, permainan anak yang menggunakan imajinasi bisa dikombinasikan dengan aktivitas lainnya. Misalnya dengan aktivitas berkreasi atau menulis cerita.

  5. Buat kotak aktivitas
    Agar si Kecil tidak bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja, Ibu dan si Kecil bisa membuat ‘kotak aktivitas’. Buat potongan kertas kecil-kecil seperti undian dan tuliskan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan si Kecil di setiap kertas. Diskusikan bersama si Kecil ide aktivitas apapun atau permainan anak yang menurutnya seru dan menyenangkan. Lipat kertas-kertas tadi sehingga tulisan di dalamnya tidak terlihat dan masukkan ke dalam kotak atau toples kecil. Setiap kali si Kecil bingung hendak melakukan apa, ia bisa mengambil secarik kertas dan melakukan aktivitas yang tertulis di sana.

Artikel Terkait

Ide Permainan Olahraga Seru di dalam rumah

Selengkapnya
Yuk ajak si Kecil aktif bergerak!

Yuk Ajak Si Kecil Semangat Olahraga Bersama MILO

Selengkapnya
Yuk ajak si Kecil aktif bergerak!

Yuk ajak si Kecil aktif bergerak!

Selengkapnya