Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

Cereal Pilihan Sarapan Praktis dan Sehat

Cereal Pilihan Sarapan Praktis dan Sehat

Sudahkah menyiapkan sarapan pagi ini Bu? Pagi-pagi memang enak untuk menyantap hidangan yang hangat dan tidak terlalu berat. Hidangan ini biasa berupa makanan yang lembut dan simpel untuk dimakan, seperti bubur ayam, roti panggang, dan sereal. Dari ketiga makanan tersebut, sereal adalah makanan yang cukup digemari oleh si kecil dan keluarga saat sarapan. Selain mudah disajikan, sereal ini juga bisa dikombinasikan dengan beragam buah, susu maupun tambahan lain sesuai selera.

Meski begitu, tahukah Anda jika menghidangkan sereal juga ada aturannya? Biar sarapan Anda dengan menggunakan sereal tepat dan juga sehat, perhatikan trik memilih sereal berikut ini ya.

Perhatikan porsi sajian
Hal pertama yang perlu diperhatikan saat menghidangkan sereal adalah porsi sajian. Kadang karena tak punya banyak waktu untuk sarapan, sebagian orang asal menuangkan sereal ke dalam mangkuk saja. Padahal, masing-masing sereal memiliki porsi yang sesuai dengan kebutuhan kalori harian tubuh.  Umumnya semangkuk gandum disajikan sebanyak 30 gram. Bila jumlahnya lebih dari itu, semisal 50 gram, 20 gram sisanya dapat Anda sajikan buat si kecil.

Untuk mempermudah penyajian, Anda bisa menggunakan timbangan makanan. Semangkuk sereal ini dapat disajikan sehari sekali saat sarapan muapun tiga kali saat makan siang maupun malam. Namun, untuk membuat selera makan tidak mudah bosan akan lebih baik bila dikombinasikan dengan nasi maupun sajian yang lain.

Pilihlah sereal gandum
Hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih sereal adalah bahan baku yang digunakan. Pilihlah sereal yang terbuat dari gandum. Sereal gandum mengandung nutrisi yang cukup lengkap dibandingkan sereal lainnya. Selain itu, Kristen Smith, RD, ahli gizi dari WellStar Comprehensive Bariatric Program Atlanta, menambahkan vitamin dan mineral yang terkandung dalam sereal ini dapat membantu meningkatkan fungsi tubuh di pagi hari.

Kaya kandungan serat
Di samping perlunya memilih sereal yang kaya vitamin dan mineral, Kristen menyebutkan sereal yang digunakan untuk hidangan sarapan sebaiknya memiliki kandungan serat yang melimpah. Serat dibutuhkan oleh tubuh melancarkan proses pencernaan. Di samping itu, serat yang melimpah dalam sereal bisa membantu proses penyerapan gizi dalam tubuh, sehingga membuat perut tak mudah lapar. Hidangkan dengan susu segar rendah lemak serta tambahan buah-buahan segar di dalamnya.

Artikel Terkait

4 Fakta Seputar Manfaat Sarapan Pagi

Selengkapnya
Seputar Sarapan Dan Kriteria Sarapan Sehat

Seputar Sarapan Dan Kriteria Sarapan Sehat

Selengkapnya

Tidak Hanya untuk Fisik, Inilah 3 Manfaat Lain Sarapan Pagi...

Selengkapnya