Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

DANCOW FortiGro, Nutrisi Tinggi dan Rendah Gula Untuk Si Kecil

Dancow FortiGro, Nutrisi Tinggi dan Rendah Gula Untuk Si Keci

Gula memberikan rasa manis yang disukai oleh anak-anak. Gula menghasilkan glukosa yang akan diubah menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh. Terutama bagi Si Kecil, energi ini sangat diperlukan untuk mendukung aktivitasnya setiap hari.

Namun, mengonsumsi gula secara berlebihan ternyata tidak baik bagi tubuh karena dapat mengganggu kesehatan. Bunda perlu membatasi konsumsi gula pada Si Kecil. Dengan menurunkan takaran gula berarti juga menurunkan risiko obesitas, membantu perbaiki pola makan yang sehat, menurunkan risiko terjadinya karies gigi serta menurunkan risiko terjadinya penyakit seperti diabetes.

Menurut WHO, asupan gula yang disarankan adalah kurang dari 10% dari kebutuhan energi sehari. Pada anak 7-9 tahun membutuhkan 1850 kkal, konsumsi gula maksimal adalah 5-6 sdm gula dalam sehari. Sementara untuk anak 10-12 tahun membutuhkan 2000-2100 kkal, konsumsi gula maksimal adalah 6-7 sdm dalam sehari. Hal ini sudah termasuk asupan dari makanan jadi yang kadang terlewat untuk dihitung. Di sinilah Bunda harus berperan dalam membatasi konsumsi gula pada Si Kecil untuk mendapatkan gizi yang seimbang.

DANCOW FortiGro hadir dengan gula 25% lebih rendah dan lebih tinggi nutrisi yang dibutuhkan oleh anak, seperti zinc, zat besi, kalsium, dan protein. Meskipun rendah gula, DANCOW FortiGro tetap disukai oleh anak-anak karena mengandung lebih banyak nutrisi dan rasa cokelat yang nikmat.

Cokelat tidak hanya nikmat tetapi memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, seperti anti-oksidan yang membantu menangkal radial bebas di dalam tubuh, memiliki dampak positif pada mood seseorang, membantu menurunkan risiko penyakit jantung, dan beragam manfaat lainnya. Kandungan nutrisi dalam DANCOW FortiGro, seperti zinc, bermanfaat bagi kekebalan tubuh, kesehatan mata, dan kesehatan tulang dan otot. Zat besi membantu peredaran oksigen dalam tubuh. Kalsiumnya baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta proteinnya membantu pembentukan sel-sel otot sehingga tubuh dapat tumbuh sehat dan kuat.

Jadi, Bunda tidak perlu khawatir lagi dengan kebutuhan gizi Si Kecil karena DANCOW FortiGro memiliki nutrisi lengkap yang dibutuhkan anak. Bersama DANCOW FortiGro, Let’s Grow!

Artikel Terkait

5 Fakta Nutrisi Yang Perlu Diketahui

5 Fakta Nutrisi Yang Perlu Diketahui

Selengkapnya
Memahami Status Gizi Anak

Memahami Status Gizi Anak

Selengkapnya
4 Elemen Penunjang Proses Tumbuh Kembang Anak

4 Elemen Penunjang Proses Tumbuh Kembang Anak

Selengkapnya