Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

Dapatkan Manfaat dari Kebiasaan Makan Bersama Keluarga

Dapatkan Manfaat dari Kebiasaan Makan Bersama Keluarga

Tahukah Ibu, salah satu kunci untuk membentuk pola makan sehat bagi si Kecil dan tentunya juga bagi seluruh anggota keluarga adalah dengan membiasakan makan bersama keluarga. Bahkan, kebiasaan makan bersama keluarga memiliki banyak sekali manfaat lainnya lho, Bu. Misalnya seperti yang disebutkan berikut ini.

  1. Membantu si Kecil mengenal pola makan yang baik dan cara makan yang baik dengan melihat bagaimana Ayah, Ibu dan anggota keluarga lainnya makan.

  2. Memenuhi asupan gizi harian melalui menu sehat yang disiapkan di rumah sehingga si Kecil sehat dan proses tumbuh kembangnya berjalan optimal.

  3. Waktunya bonding dan membangun komunikasi dengan seluruh anggota keluarga. Makan bersama bisa dijadikan wkatu untuk mengobrol santai dan berbagi cerita mengenai apa yang dilakukan setiap anggota keluarga hari itu.

Nah, bagaimana agar kebiasaan makan bersama dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat secara optimal bagi keluarga Ibu? Yuk, simak beberapa tips makan bersama keluarga yang dapat Ibu coba terapkan berikut ini.

  1. Buat kesepakatan soal kapan saja makan bersama akan dilakukan. Misalnya waktu makan malam setiap hari dan sarapan atau makan siang di akhir pekan.

  2. Siapkan menu sehat. Ibu juga bisa melibatkan anggota keluarga lainnya di waktu-waktu khusus yang memang memungkinkan. Misalnya mengajak si Kecil menyiapkan sarapan di akhir pekan atau mengajak si Kecil menata meja untuk makan malam.

  3. Hindari gangguan saat makan malam. Ibu bisa membuat kesepakatan bersama keluarga untuk tidak menyalakan televisi dan tidak memegang gadget dan telepon selama waktu makan bersama.

  4. Buat suasana santai untuk mengobrol dan berbagi cerita kegiatan hari itu saat makan bersama.

  5. Tak perlu berdebat soal makanan dan biasakan si Kecil memutuskan kapan ia sudah merasa kenyang. Yang perlu dibiasakan adalah mengambil makanan secukupnya saja agar tak bersisa dan menambah kemudian jika memang masih perlu.

  6. Sisipkan fakta mengenai gizi yang ada dalam makanan dan minuman yang disajikan.

Jangan lupa untuk selalu memberi contoh yang baik bagi si Kecil selama makan bersama ya, Bu. Jika Ibu ingin si Kecil makan sayur, maka Ibu pun harus gemar makan sayur pula, bukan?

Artikel Terkait

7 Manfaat Makan Bersama Keluarga

7 Manfaat Makan Bersama Keluarga

Selengkapnya
Seputar Sarapan Dan Kriteria Sarapan Sehat

Seputar Sarapan Dan Kriteria Sarapan Sehat

Selengkapnya
6 Kebiasaan Baik yang Sebaiknya Ibu Terapkan agar si Kecil Tumbuh Sehat

6 Kebiasaan Baik yang Sebaiknya Ibu Terapkan agar si...

Selengkapnya