Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

Ide Permainan Olahraga Seru di dalam rumah

Ide Permainan Olahraga Seru di dalam rumah

Aktivitas fisik penting dilakukan oleh si Kecil usia sekolah untuk mendukung tumbuh kembangnya. Nah, yang dimaksud dengan aktivitas fisik tidak sebatas olahraga saja ya, Bu. Permainan olahraga, yaitu permainan yang melibatkan gerak tubuh dengan intensitas sedang hingga tinggi juga termasuk aktivitas fisik yang bisa dilakukan oleh si Kecil, contohnya bermain tak jongkok, engklek, atau bermain lompat tali.

Walaupun permainan olahraga memang idealnya dilakukan di tempat yang terbuka, tetapi di saat musim hujan tiba Ibu tetap bisa melakukannya di dalam ruang, kok. Berikut ini adalah beberapa ide permainan anak atau permainan olahraga yang bisa si Kecil lakukan di dalam rumah sehingga musim hujan tak menjadi kendala untuk memastikan si Kecil aktif bergerak.

  • Halang Rintang
    Bermain Halang Rintang bisa dilakukan di dalam ruang lho, Bu. Ibu tinggal menciptakan halangan dengan benda-benda atau perabot yang ada di rumah untuk dilalui si Kecil sambil memanjat, merangkak, lompat, dan sebagainya. Misalnya Ibu dapat menciptakan rute dimana si Kecil harus merangkak di kolong meja atau kursi, menaiki tangga, melompati tumpukan buka, merangkak melewati selimut yang dibentangkan di lantai, dan masih banyak lagi. Selalu awasi si Kecil saat melakukan permainan olahraga ini ya, Bu.

  • Ping-pong Balon
    Permainan olahraga ini mudah sekali dilakukan. Seperti Namanya, Ibu akan membutuhkan raket ping-pong dan menggunakan balon sebagai pengganti bola pong-pong. Jika tidak punya raket ping-pong, Ibu bisa mengajak si Kecil membuat raket dulu menggunakan piring kertas yang ditempeli sumpit sebagai gagangnya. Permainan ini tak memerlukan meja atau ruang yang terlalu luas. Jika ingin menggunakan pembatas, Ibu tinggal merentangkan tali diantara 2 kursi sebagai pengganti net.

  • Cermin Menari
    Permianan ini bisa dilakukan oleh 2 orang atau lebih. Satu orang yang dipilih boleh menari bebas mengikuti musik sementara peserta lainnya harus mengikuti gerakannya bagaikan cermin. Di setiap lagu si penari boleh berteriak, “Menari bebas!” sebanyak satu kali dimana penari lainnya boleh menari sesuka mereka. Permainan ini idealnya dimainkan selama setengah jam saja, atau 8 buah lagu agar tidak bosan.

  • Berburu Harta Karun
    Permainan yang satu ini selalu menarik bagi anak-anak, walaupun mereka sudah semakin besar. Yang penting Ibu menyiapkan hadiah dan petunjuk yang sesuai dengan usia anak. Sembunyikan hadiah beserta berbagai petunjuk yang harus diikuti si Kecil di berbagai tempat di rumah. Petunjuk pertama akan membawa si Kecil ke petunjuk berikutnya dan terus begitu sampai si Kecil menemukan harta karunnya. Ibu juga bisa membuat berbagai tugas yang perlu dilakukan si Kecil untuk mendapatkan petunjuk dari Ibu. Seru, kan?

  • Yoga
    Ya, Ibu dapat mengajak si Kecil melakukan yoga di rumah sebagai aktivitas di kala hujan. Kombinasikan yoga dengan cerita agar semakin seru untuk dilakukan si Kecil. Ibu juga bisa meminta si Kecil sambung menyambung ikut bercerita bersama Ibu sambil medramatisasikan cerita tersebut dalam berbagai pose yoga. Siapa bilang yoga membosankan bagi si Kecil?

Ternyata banyak ya Bu, ide bermain aktif yang dapat dilakukan dikala hujan agar si Kecil tetap aktif bergerak. Coba, yuk!

Artikel Terkait

Yuk ajak si Kecil aktif bergerak!

Yuk ajak si Kecil aktif bergerak!

Selengkapnya

Alasan Si Kecil Harus Aktif & Cara Agar Membiasakannya Aktif Bermain

Selengkapnya

Tips Penuhi Kebutuhan Gizi Anak Usia Sekolah yang Aktif

Selengkapnya