Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

Inilah Perbedaan Manfaat Olahraga Beregu dan Individu bagi Si Kecil

Alasan Si Kecil Harus Aktif & Cara Agar Membiasakannya Aktif Bermain

Agar dapat tumbuh menjadi anak yang sehat, selain perlu mendapat asupan gizi seimbang, si Kecil juga perilaku aktif bergerak. Salah satu cara agar si Kecil aktif bergerak adalah dengan mengikuti kegiatan olahraga. Ada banyak pilihan olahraga yang bisa diikuti si Kecil. Secara umum, apapun olahraga yang dilakukan, selalu ada manfaat yang bisa didapat si Kecil. Tetapi tentunya manfaat olahraga akan lebih optimal jika si Kecil melakukan olahraga yang memang sesuai untuk dirinya.
 
Ibu dapat mendorong si Kecil untuk mencoba berbagai jenis olahraga untuk membantunya menemukan olahraga yang memang sesuai dan yang ia sukai. Misalnya, mana yang lebih sesuai untuk si Kecil, olahraga individu seperti atletik, berenang, sepeda, bulutangkis dan lainnya, atau olahraga beregu seperti basket, sepak bola, voli, softball, dan lain-lain. Baik olahraga individu dan olahraga beregu tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk membantu Ibu dan si Kecil menentukan mana yang paling sesuai bagi anak, yuk simak masing-masing manfaat olahraga beregu dan individu berikut ini.
 
Manfaat olahraga individu
1.     Melatih kekuatan mental dan kegigihan anak. Dengan melakukan olahraga individu, si Kecil akan belajar untuk tidak mudah menyerah, gigih berlatih dan memotivasi diri sendiri. Karena saat melakukannya, terutama dalam pertandingan, ia akan mengandalkan kemampuannya sendiri.
2.     Si Kecil akan belajar disiplin, terutama saat berlatih, karena lagi-lagi ia akan mengandalkan kemampuan yang ia miliki saat melakukan olahraga tersebut.
3.     Si Kecil akan belajar untuk mandiri, mengingat ia tidak memiliki teman seregu saat melakukan olahraga tersebut.
4.     Jadwal latihan bisa lebih fleksibel karena hanya mengikuti jadwal si Kecil saja.
5.     Latihan dapat dirancang sesuai dengan kondisi si Kecil, karena tidak ada anak lain yang terlibat.

Manfaat olahraga beregu
1.     Si Kecil akan berlatih bekerja sama dengan teman satu regunya. Termasuk berlatih berbagi tugas dan tanggung jawab dan tidak mau menang sendiri.
2.     Si Kecil akan belajar untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain, baik yang seusia dengannya maupun orang dewasa.
3.     Si Kecil akan berbagi tanggung jawab dengan teman satu regunya, baik saat latihan maupun saat pertandingan.
4.     Si Kecil akan belajar untuk saling mendukung, memotivasi, dan menghibur teman satu regunya. Baik saat mereka sedang kalah maupun sedang menang.
5.     Si Kecil akan belajar untuk menghargai orang lain. Misalnya, untuk datang tepat waktu supaya temannya tidak harus menunggu jika ia datang terlambat.
6.     Si Kecil bisa terdorong untuk berlatih lebih keras kdan semangat karena melihat teman-teman lain di dalam regunya.
Baik beregu maupun individu, manfaat olahraga tetap penting bagi tumbuh kembang si Kecil. Olahraga akan melatih kekuatan fisik si Kecil, pertumbuhan otot dan tulang, mendukung metabolisme, dan bahkan mendukung proses belajarnya. Selain itu juga olahraga dapat membantu si kecil mengembangkan kemampuan mengelola emosi. Si Kecil yang aktif bergerak tentu akan jadi lebih sehat dan gembira.

Artikel Terkait

5 Hal Penting dalam Menyiapkan Menu Sarapan Sehat untuk Si Kecil

Selengkapnya

4 Jenis Minuman Sehat Selain Air Putih untuk Temani Aktivitas Anak

Selengkapnya

Makan Buah Segar, Kering atau Beku. Mana yang Lebih Baik?

Selengkapnya