Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

Memilih Sereal untuk Sarapan Sehat Si Kecil

Memilih Sereal untuk Sarapan Sehat Si Kecil

Setelah beristirahat semalam, kini si Kecil siap beraktivitas kembali. Tetapi sebelum ia memulai harinya, si Kecil perlu mengonsumsi menu sarapan yang bergizi dulu. Mengapa? Karena sarapan dapat memenuhi sekitar sepertiga kebutuhan energi harian si Kecil. Selan itu, sarapan sehat juga perlu memenuhi 25-30% total angka kebutuhan gizi harian anak, sehingga menu sarapan si Kecil perlu mengandung zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Nah, sereal adalah pilihan yang praktis sekaligus sehat untuk dijadikan menu sarapan sehat. Untuk membantu Ibu memilih sereal sarapan yang tepat bagi si Kecil, berikut ini adalah hal-hal yang perlu Ibu perhatikan berkaitan dengan memilih sereal sarapan.

  1. Terbuat dari gandum utuh

    Sereal sarapan yang mengandung gandum utuh memiliki rasa yang lezat sekaligus mengandung berbagai macam zat gizi penting yang tidak dimiliki jenis sereal lain. Kandungan serat, vitamin dan mineral pada seral gandum utuh akan lebih banyak. Kok bisa ya? Seperti ini penjelasannya:

    • Bekatul adalah lapisan luar kaya serat yang mengandung protein, vitamin B dan antioksidan.

    • Endosperma adalah pati di bagian tengah yang mengandung protein, karbohidrat untuk energi dan juga vitamin B.

    • Nutfah/Inti Benih adalah bagian dalam yang kaya akan gizi. Mengandung vitamin B, vitamin E, magnesium dan asam lemak omega 6.

  2. Pilih sereal yang difortifikasi dengan vitamin dan mineral
    Seperti yang sudah disebutkan di atas, menu sarapan si Kecil sebaiknya dapat memenuhi 25-30% kebutuhan gizi hariannya. Maka, penting bagi Ibu memilih produk sereal yang difortifikasi dengan vitamin dan mineral. Misalnya produk-produk Nestlé Breakfast Cereals yang difortifikasi dengan zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Tahukah Ibu, sebanyak 4 miliar porsi produk Nestlé difortifikasi dengan zat besi, lho.

  3. Perhatikan Kandungan Gulanya
    World Health Organization menganjurkan maksimal 10 sendok teh gula tambahan yang dikonsumsi anak-anak dalam sehari. Agar tidak melebihi ‘jatah’ gula tersebut, Ibu perlu memilih sereal yang tidak banyak mengandung gula. Kabar baik bagi Ibu, Nestlé telah mengurangi 3.000 ton gula dari produk-produknya, termasuk produk sereal.

Selain bergizi, tentunya saat sarapan Ibu perlu menyajikan sereal yang lezat agar si Kecil semangat menghabiskannya. Sereal Nestlé hadir dengan berbagai rasa yang lezat, seperti Nestlé KOKO KRUNCH dengan rasa coklat yang lezat, Nestlé Honey Star dengan lapisan madu istimewa, Nestlé Milo Cereal dengan rasa Milo yang disukai seluruh anggota keluarga. Yuk sajikan sereal dari gandum utuh yang kaya serat, mengandung 5 vitamin B kompleks, kalsium dan zat besi untuk memenuhi kebutuhan gizi dan energi si Kecil sepanjang hari.

Artikel Terkait

Tidak Hanya untuk Fisik, Inilah 3 Manfaat Lain Sarapan Pagi...

Selengkapnya

4 Fakta Seputar Manfaat Sarapan Pagi

Selengkapnya
Yuk Ajak Si Kecil Sarapan dengan KOKO KRUNCH

Yuk Ajak Si Kecil Sarapan dengan KOKO KRUNCH

Selengkapnya