Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

Pentingnya Minum Air Putih untuk Si Kecil

Alasan Si Kecil Harus Aktif & Cara Agar Membiasakannya Aktif Bermain

Bu, agar si Kecil tumbuh sehat dan bahagia, Ibu dapat menerapkan kebiasaan baik yang mencakup konsumsi makanan bergizi seimbang sesuai usia dan beragam jenis, mengatur pola makan, makan bersama keluarga, aktif bergerak, dan minum air putih yang cukup. Nah, tahukah Ibu, minum air putih, walau tampak sederhana, namun berkaitan erat dengan beragam manfaat bagi tubuh. Yuk, ketahui lebih lanjut pentingnya minum air putih.
 
·      Minum air putih yang cukup penting untuk penyerapan gizi
Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Karenanya, air juga dibutuhkan untuk mendukung kerja organ tubuh, termasuk yang berkaitan dengan penyerapan gizi. Air dibutuhkan dalam kerja sistem pencernaan untuk mendorong makanan melalui usus, mendukung kerja usus, membantu penyerapan gizi dari makanan. Minum air putih yang cukup juga dapat mencegah penyakit pencernaan seperti konstipasi.
 
·      Sesuaikan banyaknya air putih yang diminum dengan usia
Kebutuhan air putih anak-anak tentu berbeda dengan orang dewasa. Secara umum, si Kecil usia 4-8 tahun perlu minum sekitar 5 gelas sehari, anak laki-laki usia 9-13 tahun perlu minum sekitar 6 gelas sehari, dan anak perempuan usia 9-13 tahun perlu minum sekitar 5-6 gelas sehari. Tentu banyaknya minum air putih juga perlu disesuaikan dengan tingkat aktivitas anak dan temperature dimana kita berada ya, Bu. Semakin aktif anak dan semakin panas temperaturnya, maka si Kecil perlu minum lebih banyak lagi.
 
·      Minum air putih yang cukup penting ketika anak aktif bergerak
Si Kecil perlu aktif bergerak agar ia tumbuh sehat dan bahagia. Nah, ketika si Kecil aktif bergerak, termasuk saat ia berolahraga, maka ia perlu minum air putih yang cukup agar tubuhnya selalu terhidrasi. Air berperan dalam mengatur suhu tubuh dan saat si Kecil aktif bergerak ia akan berkeringat dan air di tubuhnya akan berkurang. Agar si Kecil tidak sampai mengalami dehidrasi, biasakan si Kecil untuk minum air sebelum, selama dan sesudah beraktivitas.
Untuk membantu si Kecil membiasakan diri minum air putih yang cukup, Ayah dan Ibu tentunya perlu memberi contoh dengan minum air putih yang cukup pula. Kebiasaan membawa botol air minum sendiri juga dapat membantu memastikan si Kecil selalu minum air putih sepanjang hari.

Artikel Terkait

5 Hal Penting dalam Menyiapkan Menu Sarapan Sehat untuk Si Kecil

Selengkapnya

4 Jenis Minuman Sehat Selain Air Putih untuk Temani Aktivitas Anak

Selengkapnya

Makan Buah Segar, Kering atau Beku. Mana yang Lebih Baik?

Selengkapnya