Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

Si Kecil Aktif Bergerak, Biarkan Saja!

Si Kecil Aktif Bergerak, Biarkan Saja!

Apakah Anda memiliki balita yang super lincah? Mungkin dia akan membuat Anda capek, tapi nilai plusnya adalah dia dan Anda sendiri semakin sehat dibuatnya karena aktif bergerak.

Kesehatan tak cukup hanya dari asupan makanan bergizi semata, melainkan juga tidur yang cukup, cukup terpapar sinar matahari serta kemauan untuk berolahraga. Olahraga yang dimaksud tak melulu harus olahraga yang terprogram, baik gerakan, ruang maupun waktunya. Dengan secara aktif bergerak mengikuti si kecil yang bermain atau mengijinkan dia membantu Anda berbenah rumah pun sudah bisa disebut sebagai olahraga.

Tak ada ruginya bergerak secara aktif asal diimbangi dengan asupan makanan yang memadai. Oleh karena itulah perlu dipahami istilah mengenai keseimbangan energi. Apakah keseimbangan energi tersebut? Keseimbangan energi adalah keseimbangan antara energi yang masuk dan energi yang keluar dari tubuh. Energi masuk diperoleh dari asupan makanan sementara itu energi keluar adalah energi yang hilang akibat aktivitas yang dilakukan.

Apabila energi yang masuk lebih besar dari energi yang keluar, maka berat badan cenderung naik. Jika energi yang masuk sama besarnya dengan energi yang dikeluarkan, maka tak akan ada perubahan terhadap berat badan. Namun jika energi yang masuk lebih sedikit dibandingkan dengan energi yang dikeluarkan, maka berat badan bisa turun.

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari kecukupan bergerak seperti yang dilansir Sahabat Nestle berikut ini:

1. Dengan bergerak, metabolisme menjadi lebih baik, sehingga penyerapan nutrisi oleh tubuh juga baik untuk pertumbuhan tulang dan otot yang kuat

2. Hampir bisa dipastikan, anak-anak yang capek bermain akan tidur dengan lelapnya di malam hari. Dengan kata lain, aktif bergerak membantu anak-anak tidur nyenyak. Tidur nyenyak sendiri membantu melancarkan pengeluaran hormon pertumbuhan.
3. Banyak bergerak juga bakal membuat anak menjadi lapar sehingga membangun keinginan mau makan.
4. Anak yang suka bergerak, maka daya tahannya lebih kuat.

Nah, jika anak Anda aktif bergerak, jangan dihalangi, biarkan saja! Jangan malah menyuguhinya keasyikan duduk manis di depan layar, seperti TV dan komputer misalnya. Pasalnya, jika ia sudah ketagihan, bisa malas bergerak ia nantinya.

Artikel Terkait

4 Fakta Seputar Manfaat Sarapan Pagi

Selengkapnya
Seputar Sarapan Dan Kriteria Sarapan Sehat

Seputar Sarapan Dan Kriteria Sarapan Sehat

Selengkapnya

Tidak Hanya untuk Fisik, Inilah 3 Manfaat Lain Sarapan Pagi yang Ibu Perlu Ketahui

Selengkapnya