Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

Super Food Enak dan Bergizi Untuk Si Kecil

Super Food Enak dan Bergizi Untuk Si Keci

Yumm... akhirnya bisa makan enak. Anak-anak memang paling antusias saat diberikan makanan yang lezat, apalagi jika itu termasuk makanan favoritnya. Sebetulnya, untuk mendukung proses tumbuh kembang anak tak cukup hanya memberikan makanan yang lezat. Si kecil juga membutuhkan makanan yang kaya kandungan gizinya lebih melimpah artau yang biasa dikenal sebagai super food. Lewat nutrisi itulah tubuh anak dapat menjalani proses pertumbuhan dan perkembangan secara maksimal.

Maka dari itu, sajikan super food  berikut ini agar kebutuhan gizi harian anak terpenuhi.

Blueberry
Makanan super pertama dapat Anda peroleh dari buah-buahan yang cukup populer dibuat smoothie ini. Apalagi kalau bukan blueberry. Eliza Martinez, praktisi gizi dari Live Strong menjelaskan masuknya blueberry sebagai super food bukan semata-mata ukurannya yang kecil, tetapi kandungan gizi dari buah ini. Blueberry mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Ubi manis
Masyarakat sering menyebutnya sebagai ketela atau ubi jalar. Tak banyak yang menyangka jika umbi-umbian ini banyak kandungan vitamin C-nya. Ubi manis juga mengandung kalium dan serat yang cukup melimpah. Nutrisi ini dibutuhkan oleh si kecil untuk menunjang kesehatan pencernaannya. Sajikan ubi manis sebagai camilan lezat yang dipanggang saat jam ngemil si kecil tiba. Begitulah yang disampaikan oleh Eliza Martinez.

Buah kiwi
Kabar gembira bagi Anda maupun si kecil yang gemar memakan buah asli Selandia Baru ini. Menurut Eliza, buah kiwi mengandung vitamin C dan vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan jantung si kecil. Zat gizi ini juga bisa membantu melancarkan proses pencernaan anak-anak, terlebih karena kandungan serat buah kiwi yang cukup banyak.

Tomat
Sumber super food yang terakhir adalah tomat. Beberapa anak sangat gemar memakan buah yang juga sering disajikan sebagai sayuran ini. Eliza mengatakan tipe buah tomat yang berair dapat membantu suplai cairan dalam tubuh tetap terjaga. Bukan hanya itu, tomat juga mengandung zat khusus yang disebut sebagai likopen. Zat ini dapat melindungi tubuh dari beragam infeksi bakteri maupun serangan zat kimia berbahaya seperti radikal bebas.

Sajikan makanan-makanan super ini dalam sajian menu sehat si kecil setiap hari. Keluarkan kreasi masak Anda agar si kecil semakin lahap menikmati setiap hidangan yang Anda berikan.

Artikel Terkait

4 Fakta Seputar Manfaat Sarapan Pagi

Selengkapnya
Seputar Sarapan Dan Kriteria Sarapan Sehat

Seputar Sarapan Dan Kriteria Sarapan Sehat

Selengkapnya

Tidak Hanya untuk Fisik, Inilah 3 Manfaat Lain Sarapan Pagi yang Ibu Perlu Ketahui

Selengkapnya