Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

Tidak Hanya untuk Fisik, Inilah 3 Manfaat Lain Sarapan Pagi yang Ibu Perlu Ketahui

Tidak Hanya untuk Fisik, Inilah 3 Manfaat Lain Sarapan Pagi yang Ibu Perlu Ketahui

Sarapan pagi merupakan salah satu cara penerapan pola hidup sehat yang wajib dijadikan sebagai rutinitas di pagi hari. Mengonsumsi sarapan pagi dengan menu bergizi seimbang dapat memenuhi kebutuhan gizi dan energi yang dibutuhkan tubuh untuk memulai hari. Selain itu, sarapan pagi juga dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, sehingga lebih baik dalam melakukan aktivitas.

Ternyata tak hanya memberikan manfaat luar biasa bagi fisik, terdapat beberapa manfaat sarapan pagi yang mempengaruhi sisi emosional atau mental seseorang. Berikut ulasannya.

  1. Menurunkan Depresi
    Depresi merupakan salah satu gangguan mental yang tak terlihat tapi sangat membahayakan. Tak sedikit penderita depresi parah yang akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

    Uniknya, penelitan yang diterbitkan oleh National Institutes of Health mengungkapkan bahwa penderita depresi pada umumnya mengalami kekurangan gizi. Menurut penelitian ini, penderita depresi terdeteksi kekurangan gizi seperti mineral, omega-3, dan vitamin B.

  2. Meningkatkan Suasana Hati untuk Memulai Hari
    Menurut penelitan yang diterbitkan US National Library of Medicine National Institute of Health, apa yang dikonsumsi akan mempengaruhi suasana hati dan perilaku seseorang. Dari sini bisa diketahui bahwa sarapan pagi bisa meningkatkan suasana hati seseorang untuk memulai hari.

    Dilansir dari situs nutritionist-resource.org.uk, makanan yang mengandung karbohidrat (seperti nasi), vitamin D (seperti kuning telur), dan vitamin B (seperti bayam dan buncis) mampu meningkatkan suasana hati.

    Pastikan keluarga selalu mendapatkan menu sarapan sehat dengan gizi seimbang yang dibutuhkan ya Bu agar semakin siap dan semangat untuk memulai hari!

  3. Lebih Dekat dengan Keluarga
    Saat sarapan pagi, biasanya keluarga akan berkumpul bersama sebelum memulai aktivitas masing-masing. Pada kesempatan ini, biasanya keluarga akan membicarakan tentang hal-hal yang dilalui pada hari sebelumnya atau rencana hari ini. Momen sarapan pagi ini tentu menjadi saat yang tepat untuk Ibu dan Ayah mengetahui perkembangan si Kecil, sembari memberikan nasihat yang bermanfaat untuknya.

    Selain itu, lewat sarapan pagi ini, ibu juga secara langsung mengontrol asupan makanan keluarga, lho. Menu sarapan sehat yang ibu sajikan setiap sarapan pagi tentu mengurangi kesempatan si Kecil untuk membeli jajanan yang kurang sehat di luar sana. Dilansir sebuah tulisan di situs webmd.com, peneliti Amber J. Hammons, PhD, dari University of Illinois, Urbana-Champaign menemukan bahwa keluarga yang sarapan pagi bersama lima kali atau lebih memiliki kemungkinan untuk menghadapi masalah kesehatan gizi pada anak 25% lebih kecil daripada mereka yang hanya sekali sarapan pagi bersama.

Tiga manfaat tak terduga sarapan pagi di atas pasti sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. Untuk itu, pastikan Ibu membiasakan sarapan pagi bersama Ayah dan si Kecil sebagai penerapan pola hidup sehat untuk keluarga!

Artikel Terkait

4 Fakta Seputar Manfaat Sarapan Pagi

Selengkapnya

Cereal Pilihan Sarapan Praktis dan Sehat

Selengkapnya
Seputar Sarapan Dan Kriteria Sarapan Sehat

Seputar Sarapan Dan Kriteria Sarapan Sehat

Selengkapnya