Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

Tips Hidup Sehat Agar Si Kecil Tumbuh Lebih Sehat

Tips Hidup Sehat Agar Si Kecil Tumbuh Lebih Sehat

Ibu tentu tahu, bahwa salah satu cara agar si Kecil dan seluruh anggota keluarga tetap sehat adalah melalui asupan gizi seimbang setiap hari dan aktif bergerak. Namun, terkadang menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari ternyata tidak semudah itu. Berikut ini adalah tips hidup sehat yang dapat Ibu terapkan agar si Kecil dan keluarga Ibu bisa aktif bergerak dan mendapat asupan gizi seimbang

  • Tips hidupsehat dengan aktif bergerak:

    1. Bermain aktif
      Si Kecil sebaiknya aktif bergerak setidaknya selama 60 menit dalam sehari. Olahraga bukan satu-satunya cara untuk membuat si Kecil bergerak lho, Bu. Ibu bisa mendorongnya bergerak melalui berbagai permainan seperti lompat tali, lempar bola, engklek, , petak umpet, dan sebagainya.

    2. Batasi screen time
      Terlalu banyak melakukan aktivitas di depan layar televisi, komputer, maupun gadget dapat membuat si Kecil malas bergerak. Karenanya, Ibu perlu membuat kesepakatan bersama si Kecil untuk membatasi waktu mereka di depan layar, atau screen time. Selain kesepakatan, Ibu juga sebaiknya tidak meletakkan televisi maupun komputer di kamar si Kecil agar Ibu bisa lebih mudah mengawasi aktivitas mereka.

      Terkait penggunaan gadget ini, ibu perlu cerdas agar bisa memanfaatkannya untuk membuat si Kecil bisa bergerak aktif. Salah satu cara yang bisa ibu lakukan adalah dengan mengunduh aplikasi yang mengajak si Kecil bisa bergerak aktif, misalkan dance games yang bisa memandu si Kecil mengikuti beragam gerakan dance atau semacamnya.

    3. Libatkan seluruh anggota keluarga
      Si Kecil tentu akan lebih bersemangat jika melakukan aktivitas bersama seluruh anggota keluarga. Karenanya, Ibu bisa merancang kegiatan olahraga keluarga atau bermain aktif yang melibatkan seluruh anggota keluarga.

  • Tips hidup sehat dengan gizi seimbang

    1. Siapkan menu sehat di rumah
      Ibu tentu lebih tahu gizi apa yang dibutuhkan si Kecil, karenanya masakan Ibu tentu lebih baik bagi si Kecil dibandingkan jajan di luar. Jika Ibu kehabisan ide resep makanan sehat untuk keluarga, Ibu bisa mendapatkan berbagai resep di Sahabat Nestlé, lho.

    2. Perkenalkan konsep gizi dan makanan sehat dengan cara yang menyenangkan Jika si Kecil mengetahui gizi yang penting untuk tubuhnya dan mengenal makanan yang mengandung gizi tersebut, Ibu dapat lebih mudah membiasakan si Kecil memakannya. Memperkenalkan makanan sehat bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan kok, Bu. Misalnya melalui buku cerita atau mengajak si Kecil menyiapkan menu sehat, mulai dari berbelanja bahan makanannya, dan membantu memasaknya.

    3. Ganti bahan pangan dengan yang lebih sehat
      Ibu dapat secara perlahan mengganti bahan pangan di rumah dengan pilihan yang lebih sehat. Misalnya dengan memilih produk-produk yang mengandung gula lebih sedikit, mengganti cemilan dengan buah-buahan, dsb.

    4. Kurangi asupan gula berlebih
      Bicara soal gula, mengurangi asupan gula keluarga juga merupakan salah satu tips hidup sehat yang perlu segera Ibu terapkan. Kemenkes RI menganjurkan asupan gula tidak lebih dari 50g per orang setiap harinya untuk mendapatkan manfaat kesehatan dan terhindar dari beragam penyakit tidak menular seperti Obesitas, Diabetes dan penyakit pernyerta lainnya. Nah, tahukah Ibu, Nestlé sudah mengurangi sebanyak 3.000 ton gula dari produk-produknya. Biasakan untuk membaca label produk pangan ya, Bu, agar mengetahui berapa banyak jumlah asupan gula tambahan yang ibu dan keluarga konsumsi. Dan tetap perlu diingat porsi makannya juga, ya!

Satu tips hidup sehat lainnya yang juga tidak kalah penting adalah Ibu perlu menjadi teladan bagi si Kecil. Jadi, Ibu juga harus mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang dan aktif bergerak setiap hari, ya.

Artikel Terkait

6 Kebiasaan Baik yang Sebaiknya Ibu Terapkan agar si Kecil Tumbuh Sehat

6 Kebiasaan Baik yang Sebaiknya Ibu Terapkan agar si...

Selengkapnya
Wujudkan Generasi yang Sehat dan Bahagia

Wujudkan Generasi yang Sehat dan Bahagia

Selengkapnya
Nestléfor Healthier Kids, Mendukung Masa Depan Si Kecil Lebih Sehat

Nestléfor Healthier Kids, Mendukung Masa Depan Si Kecil...

Selengkapnya