Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

Tips Menyiapkan Makanan Sehat dengan Porsi Tepat untuk Keluarga

Tips Menyiapkan Makanan Sehat dengan Porsi Tepat untuk Keluarga

Asupan gizi seimbang adalah salah satu bagian penting untuk mendukung anak tumbuh sehat. Nah, agar si Kecil dan juga anggota keluarga lainnya bisa mendapat asupan gizi seimbang, maka Ibu perlu menyiapkan makanan sehat dari berbagai bahan pangan yang bervariasi. Makanan sehat yang bervariasi tersebut perlu mengandung gizi penting seperti karbohidrat, protein, lemak sehat, serat, vitamin dan juga mineral.

Hal lain yang perlu Ibu ingat, tahap perkembangan dan usia yang berbeda akan memerlukan jumlah asupan gizi yang berbeda pula. Agar pemenuhan kebutuhan gizi seimbang dapat terpenuhi, salah satu upaya yang bisa Ibu lakukan adalah dengan mengatur porsi, tidak berlebihan dan tidak kekurangan.. Berikut ini adalah beberapa tips bagi Ibu untuk menyiapkan makanan sehat dengan porsi tepat bagi keluarga:

  1. Usahakan untuk menyajikan minimal tiga kelompok makanan. Yaitu makanan pokok, lauk atau protein, serta sayur dan buah.

  2. Sebaiknya isi piring makan didominasi oleh sayur dan buah dengan aneka warna dan jenis. Menurut anjuran Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dalam program Isi Piringku, buah dan sayur porsinya adalah ½ bagian piring dengan jumlah sayur yang lebih banyak.

  3. Dalam program Isi Pringku, protein porsinya adalah ¼ bagian dari piring makan. Protein bisa didapat dari lauk berupa ayam, ikan atau kacang-kacangan. Protein juga bisa didapat dari daging merah tetapi sebaiknya dibatasi jumlahnya karena mengandung lemak lebih banyak.

  4. Program Isi Piringku juga menyebutkan ¼ bagian dari piring makan diisi makanan pokok sumber karbohidrat seperti nasi, roti, pasta, kentang, dan sumber pati lainnya.

  5. Hindari minyak dengan lemak tak jenuh dan sebagai gantinya pilih minyak yang sehat seperti minyak zaitun, minyak kedelai, minyak kanola dan minyak nabati lainnya.

  6. Pastikan pula anggota keluarga Ibu mendapat asupan air yang cukup, yaitu setidaknya 8 gelas air dalam sehari.

Bagaimana menyiapkan makanan sehat untuk si Kecil dengan porsi yang pas? Simak berikut ini, ya.

Gambar 1. Porsi Makan menggunakan tangan.
Sumber: nestleprofessional.com

  1. Satu porsi karbohidrat dalam bentuk pangan seperti nasi, roti dan sebagainya, kira-kira adalah sebesar satu genggam tangan anak.

  2. Sama halnya dengan lauk sumber protein. Satu porsi protein kira-kira adalah pangan sumber protein sebesar satu telapak bagian tengah tangan anak.

  3. Porsi lemak tidak lebih banyak dari ujung jari.

  4. Untuk mengukur sayur dan buah, karena harus mengisi setengah dari piring, jadi ibu bisa mengukurnya dengan 2 kali kepalan tangan anak.

Yang tak kalah penting adalah memastikan anggota keluarga Ibu selalu menyantap sarapan dengan menu makanan sehat yang mengandung gizi seimbang ya, Bu. Pasalnya, selain sebagai sumber energi untuk mulai beraktivitas, sarapan juga merupakan bagian penting untuk memastikan kita mendapat asupan gizi seimbang setiap harinya.

Artikel Terkait

Tips Menyajikan Porsi Makan yang Sesuai untuk Anak

Tips Menyajikan Porsi Makan yang Sesuai untuk Anak

Selengkapnya
Yuk Ajak Si Kecil Sarapan dengan KOKO KRUNCH

Yuk Ajak Si Kecil Sarapan dengan KOKO KRUNCH

Selengkapnya
6 Kebiasaan Baik yang Sebaiknya Ibu Terapkan agar si Kecil Tumbuh Sehat

6 Kebiasaan Baik yang Sebaiknya Ibu Terapkan agar si...

Selengkapnya