Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

Tips Penuhi Kebutuhan Gizi Anak Usia Sekolah yang Aktif

Tips Penuhi Kebutuhan Gizi Anak Usia Sekolah yang Aktif

Bu, anak usia sekolah dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang hingga tinggi sekitar 60 menit setiap harinya. Aktivitas ini memang tak hanya berupa aktivitas olahraga ya, Bu. Walau demikian, anak-anak memang cenderung aktif bergerak, bukan? Apalagi jika si Kecil aktif mengikuti kegiatan fisik sebagai bagian dari aktivitas ekstrakurikulernya. Misalnya bergabung dalam klub bola, klub basket, klub gimnastik, klub berenang, ikut les balet, dan lain sebagainya. Sebagian anak ada yang memang berbakat dan menjalankan aktivitas tadi dengan serius untuk mengejar prestasi. Ada pula yang sekedar hobi atau bagian dari kegiatan sekolah saja. Selain aktivitas-aktivitas ini, si Kecil masih punya aktivitas belajar yang perlu ia lakukan. Karenanya, kebutuhan gizi anak usia sekolah penting untuk dipenuhi agar segala aktivitas yang ia lakukan, termasuk aktivitas fisik si Kecil, berjalan lancar dan tubuh si Kecil mendapat manfaat optimal dari aktivitas tersebut.

Memenuhi kebutuhan gizi anak usia sekolah yang aktif sama pentingnya dengan memberikan perlengkapan yang tepat untuk aktivitas fisik yang ia lakukan. Jika sebelumnya sudah pernah dibahas mengenai kebutuhan gizi anak usia sekolah, maka di artikel ini Ibu bisa mendapat tips untuk membantu Ibu memenuhi kebutuhan gizi anak usia sekolah yang aktif bergerak.

  • Jangan lewatkan sarapan
    Dengan menyiapkan menu sarapan yang sehat dan seimbang, Ibu akan dapat membantu si Kecil memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Jika gizi harian sudah terpenuhi, tidak sulit bagi si Kecil untuk memenuhi kebutuhan gizi yang ia butuhkan sebagai sumber energi dalam melakukan aktivitas fisik dan menjaga staminanya tetap fit. Selain itu, menyantap sarapan yang sehat akan membantu menjaga mood si Kecil sehingga ia dapat menjalani aktivitas fisik dengan gembira dan tidak mudah emosional.

  • Minum air putih yang cukup
    Saat aktif bergerak si Kecil akan kehilangan cairan tubuh. Karenanya, ia perlu selalu minum air putih yang cukup agar tidak sampai mengalami dehidrasi. Biasakan anak membawa botol air minum saat beraktivitas dan pastikan di tempat ia beraktivitas ada tempat dimana ia bisa mengisi ulang botol airnya. Ibu juga bisa menyediakan menu makanan yang mengandung cairan seperti sup, jus buah, dan lain sebagainya.

  • Konsumsi buah dan sayuran
    Daya tahan tubuh yang kuat dibutuhkan oleh setiap anak, apalagi anak yang sangat aktif. Menyantap banyak sayuran dan buah dapat membantu memenuhi kebutuhan anak akan vitamin dan mineral untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya sehingga ia tidak mudah sakit dan lelah. Perkenalkan berbagai jenis dan citarasa buah maupun sayur sejak ia kecil, sehingga si Kecil terbiasa dan tidak pilih-pilih. Jadikan sayur dan buah bagian dari setiap menu makan si Kecil. Mulai dari sarapan, makan siang, makan malam, dan juga sebagai camilan.

  • Konsumsi camilan yang sehat
    Anak-anak biasanya gemar makan camilan. Jika si Kecil tergolong anak yang aktif, manfaatkan camilan sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan gizi anak usia sekolah. Pilih camilan sehat dengan kandungan karbohidrat atau protein yang sehat. Misalnya biscuit atau roti gandum dengan selai kacang, apel potong dengan cocolan yogurt, smoothies pisang dan stroberi, dan lain sebagainya. Luangkan waktu Ibu untuk membuat camilan si Kecil, sehingga camilannya terjamin aman dan sehat.

  • Makan sering dalam porsi kecil
    Seringkali si Kecil asyik bermain atau berolahraga sampai ia lupa makan. Tetapi, perut yang terlalu kenyang pun tak baik untuk langsung aktif bergerak. Karenanya, Ibu dapat membantu si Kecil untuk makan lebih sering saja dengan porsi yang kecil.

Yuk Bu, pastikan si Kecil selalu mendapatkan gizi yang ia butuhkan untuk mendukung segala aktivitasnya, ya.

Artikel Terkait

Alasan Si Kecil Harus Aktif & Cara Agar Membiasakannya...

Selengkapnya

Ide Permainan Olahraga Seru di dalam rumah

Selengkapnya
Yuk ajak si Kecil aktif bergerak!

Yuk ajak si Kecil aktif bergerak!

Selengkapnya