Konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan makan yang baik. Dengan melibatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usianya, serta mendorong konsumsi makanan bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi beragam jenis makan seperti buah dan sayur, membantu menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Beri Asupan Gizi Sesuai Usia

Kebutuhan gizi anak tentu berbeda dengan orang dewasa, dimana asupan gizi pada 1000 hari pertama menjadi krusial. Sebagai bentuk upaya untuk memberikan informasi mengenai gizi pada usia dini, Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat memberikan panduan praktis untuk mendukung orang tua dalam membangun kebiasaan hidup sehat sejak usia dini. Dapatkan informasi selengkapnya di

Konsumsi air putih

Air adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengatur temperatur tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis. Orang tua dan pengajar perlu mendorong anak untuk minum cukup air dari sumber yang aman. Nestlé for Healthier Kids menyediakan informasi dan panduan meningkatkan kesadaran akan penting konsumsi air putih dan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat. Diadopsi dari Isi Piringku yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang, kami membuat Nestlé Healthy Plate untuk anak dan dewasa untuk membantu masyarakat sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan.

Menikmati makan bersama keluarga

Tidak hanya jumlah dan jenis makanan yang anak konsumsi, tetapi dengan siapa, dimana dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Aktif bermain

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama. Nestlé for Healthier Kids membantu orang tua dan pengajar dengan memberikan panduan bagaimana memotivasi anak-anak mereka sehingga mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain gadget.

Yuk Ajak Si Kecil Semangat Olahraga Bersama MILO

Yuk Ajak Si Kecil Semangat Olahraga Bersama MILO

Ibu tentu tahu bahwa aktivitas olahraga banyak sekali manfaatnya bagi si Kecil. Baik itu agar si Kecil aktif bergerak untuk mendukung kebugaran dan kesehatan tubuhnya, maupun membantu si Kecil dalam berbagai aspek perkembangannya. Apapun olahraga yang disukai siKecil, ayo beri ia dukungan agar selalu semangat berolahraga dan menikmati aktivitas olahraga tersebut. Berikut ini beberapa tips yang dapat Ibu coba agarsi Kecil semangat berolahraga. Ibu juga bisa menyajikan MILO yang pasti disukai si Kecil untuk menemaninya sehabis olahraga, lho. Si kecil jadi tambah semagat. Simak, yuk tips-tipsnya.

  1. Mulai sejak si Kecilberusia dini
    Walaupun kebanyakan anak belum siap bergabung dalam aktivitas olahraga berkelompok sebelum ia memasuki usia sekolah, tetapi Ibu tetap perlu memperkenalkan aktivitas olahraga sedini mungkin. Beberapa jenis olahraga yang bisa ibu kenalkan sejak dini diantaranya berenang, melompat, bermain bola dan berjalan pada titian. Perkenalkan dengan perlahan sesuai dengan minat si kecil, bisa dilakukan 10-15 menit secara regular agar ia menyukainya. Selamat mencoba, Bu!

  2. Olahraga dalam porsi yang sesuai
    Saat orang tua melihat si Kecil berbakat dalam satu jenis olahraga, seringkali mereka mendorong anaknya untuk melakukan olahraga tersebut dengan alasan ingin mengembangkan bakat tersebut. Menurut Tina Syer, direktur dari Positive Coaching Alliance di Amerika, aktivitas olahraga yang monoton, seperti melakukan satu jenis olahraga terus-menerus dalam seminggu ditambah pertandingan, dapat membuat aktivitas olahraga yang dilakukan lebih menyerupai pekerjaan dan tidak lagi menyenangkan bagi si Kecil. Jadi, sebaiknya porsi latihan dan pertandingan yang dilakukan tetap perlu dibatasi agar si Kecil tetap semangat dan menikmati olahraga tersebut.

  3. Pilih olahraga yang sesuai
    Jika si Kecil tampak tidak bersemangat atau tidak menikmati olahraga yang dilakukan, mungkin saja ia memang tidak menyukainya. Biarkan si Kecil mencoba berbagai jenis olahraga untuk mengembangkan keterampilannya sekaligus untuk mencari tahu olahraga apa yang memang ia suka. Si Kecil tentu akan semangat melakukan aktivitas yang ia suka, termasuk dalam hal berolahraga.

  4. Jadikan olahraga sebagai aktivitas keluarga
    Si Kecil belajar dari meniru orang yang dekat dengan dirinya. Karenanya, agar si Kecil senang berolahraga, Ayah dan Ibu pun perlu rajin berolahraga. Selain itu, melakukan aktvitas olahraga bersama-sama tentu akan menyenangkan dan membuat si Kecil bersemangat. Yuk, manfaatkan waktu di akhir pekan untuk berolahraga bersama, seperti jogging, berenang atau bersepeda. Jika si Kecil memang aktif dalam olahraga tertentu, Ayah dan Ibu dapat melibatkan diri berolahraga bersama si Kecil, misalnya dengan membantu si Kecil latihan di rumah. Namun, pastikan aktivitas latihan ini santai dan menyenangkan bagi si Kecil, ya.

  5. Dukung kebutuhan gizi si Kecil yang aktif dengan meyajikan MILO
    Dalam segelas MILO terkandung beragam zat gizi penting yang baik untuk mendukung aktivitas si Kecil. Yuk kita lihat bersama maanfaat yang bisa Ibu peroleh untuk si Kecil dalam segelas MILO:

    • Promalt, yaitu karbohidrat kompleks yang bermanfaat sebagai sumber energi yang dilepas secara perlahan sehingga cocok untuk mendukung aktivitas fisik, mental maupun konsentrasi si Kecil selama ia beraktivitas.

    • Kombinasi Vitamin B2, B3, B6 yang diperlukan untuk dukung metabolisme danpembentukan energi serta membantu relaksasi otot setelah olahraga

    • Kombinasi Vitamin B12 dan Zat Besi yang berperan dalam mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh, sehingga si Kecil dapat beraktivitas dengan optimal.

    • Vitamin C yang membantu menguatkan dinding pembuluh darah, mempercepat penyembuhan luka, dan membantu penyerapan zat besi.

    • Kombinasi Vitamin D dan Kalsium untuk mendukung pertumbuhan tulang yang  sehat.

    • Fosfor yang membantu pemulihan otot dan membantu koordinasi gerak si Kecil.

Selain mendukung si Kecil tetap aktif dengan kandungan gizi yang dimilikinya, MILO juga terus berupaya mengajak keluarga Indonesia untuk menjalani gaya hidup aktif lho, Bu. Dengan semangat untuk membuat anak-anak di Indonesia aktif berolahraga, MILO telah menyelenggarakan beragam aktivitas dan event olahraga yang telah diikuti oleh lebih dari 200.000 anak pada tahun 2018 lalu. Apakah si Kecil sudah pernah berpartisipasi? Yuk Bu, ajak si Kecil bersenang-senang dalam event olahraga seru bersama MILO, seperti event MILO Football.

Artikel Terkait

Nestléfor Healthier Kids, Mendukung Masa Depan Si Kecil Lebih Sehat

Nestléfor Healthier Kids, Mendukung Masa Depan Si Kecil...

Selengkapnya

Alasan Si Kecil Harus Aktif & Cara Agar Membiasakannya...

Selengkapnya
Yuk ajak si Kecil aktif bergerak!

Yuk ajak si Kecil aktif bergerak!

Selengkapnya